SISTEM INFORMASI HARI INI

D-IV SISTEM INFORMASI
Berita seputar prodi sistem informasi
SISTEM INFORMASI HARI INI

Menghadapi Tantangan Pendidikan, Peran PKM Dosen dalam Merdeka Belajar dan Pembelajaran

Menghadapi_Tantangan_Pendidikan_Peran_PKM_Dosen_dalam_Merdeka_Belajar_dan_Pembelajaran20240730010905.jpg

Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi fondasi utama dalam melaksanakan misi akademik, yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pendidikan fokus pada proses pengajaran untuk menciptakan lulusan yang kompeten dan kompetitif. Sementara itu, penelitian berupaya mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui riset yang inovatif dan relevan. Pengabdian kepada masyarakat, terutama melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program aplikatif yang beragam.

Tim PKM Politeknik Caltex Riau mendapatkan hibah Kemdikbudristek tahun anggaran 2024 yang diketuai Oleh Warnia Nengsih, beranggotakan Syefrida Yulina dari Prodi Sistem Informasi PCR dan Guslinda dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Kali ini mengusung tema PKM  tentang Transformasi Kurikulum Merdeka,  Lompatan Besar dalam Pemulihan Pembelajaran.  Mereka berkomitmen untuk membantu sekolah-sekolah yang belum termasuk dalam Program Sekolah Penggerak untuk menerapkan kurikulum yang fleksibel dan responsif terhadap perkembangan zaman.

Kurikulum Merdeka adalah inovasi terbaru dalam sistem pendidikan Indonesia yang bertujuan mempercepat pencapaian tujuan pendidikan nasional. Melalui pendekatan yang lebih interaktif dan relevan, kurikulum ini menawarkan kebebasan bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.  Namun, implementasi Kurikulum Merdeka tidaklah mudah. Proses transisi dan implementasi kurikulum ini sangat kompleksitas serta membutuhkan beberapa perubahan dan penyesuaian dalam proses transformasinya.  Diperlukan pendampingan yang tepat agar dapat terlaksana dengan baik. Survey secara acak untuk sejumlah satuan Pendidikan, kenapa masih menggunakan kurikulum lama, atau sudah mulai mengimplementasikan beberapa prinsip kurikulum Merdeka namun belum efektif.